Tahukah kamu bahwa pada hari ini, tanggal 23 April, seluruh dunia memperingati Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia?!.

Yups! Perayaan tahunan ini ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 1995 untuk menghormati penulis-penulis terkenal seperti Miguel de Cervantes, William Shakespeare, dan Inca Garcilaso de la Vega yang meninggal pada tanggal 23 April. Namun sesungguhnya William Shakespeare dan Miguel de Cervantes tidak meninggal di hari yang sama. Menurut catatan, tanggal kematian Shakespeare mengikuti kalender Gregorian yang digunakan di Spanyol sedangkan Cervantes mengikuti kalender Julian yang digunakan di Inggris. Walaupun demikian, pada Konferensi Umum di Paris tahun 1995 UNESCO tetap menetapkan bahwa tanggal 23 April sebagai Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia sebagai bentuk penghormatan kepada buku dan penulis pada tanggal tersebut.

Mengutip dari salah satu sumber, pada mulanya perayaan ini berawal dari festival buku La Diada de Sant Jordi atau Sant Jordi di Catalunya, Spanyol, yaitu pada tanggal 23 April 1923. Festival ini digelar oleh para pedagang buku pada momen perayaan tahunan masyarakat Catalan. Sebelum tahun 1923, festival tersebut diadakan untuk memperingati hari kematian Saint George (Santo Pelindung dari Catalunya/Catalonia) yang identik dengan memberikan bunga mawar kepada teman, keluarga maupun pasangan. Namun sejak 1923, Sant Jordi juga dikenal identik dengan pemberian buku dan kegiatan lain yang terkait dengan buku atau memberikan bunga mawar sebagai hadiah atas setiap buku yang dibeli untuk mengenang kematian Cervantez.

Hari Buku Sedunia sepertinya asing ya bagi beberapa orang yang bahkan ada yang tidak menyadari bahwa tanggal 23 April diperingati sebagai Hari Buku Sedunia. Nah, membahas mengenai Hari Buku Sedunia, kira-kira bagaimana ya setiap negara dalam menyambut dan merayakan Hari Buku Sedunia ini?

  • Spanyol

Walaupun ditetapkan pada tahun 1995, ide perayan Hari buku Sedunia telah ada semenjak akhir abad ke-15 yang bermula di kota Catalonia, Spanyol, yang memiliki tradisi yaitu memberikan bunga mawar sebagai hadiah atas buku yang telah dibeli untuk mengenang kematian Cervantez yang merupakan penulis termahsyur di Spanyol.

  • Brazil

Di Brazil, Hari Buku Sedunia diperingati dengan menggelar kampanye mengenai kesusastraan anak-anak di setiap toko buku. Hal ini didasari oleh penghargaan Andersen Prize yang merupakan sebuah ajang penghargaan internasional bagi penulis dan ilustrator sastra anak di dunia yang berhasil diraih oleh penulis anak-anak Latin yaitu Maria Teresa Andruetto yang berasal dari Argentina pada tahun 2004.

  • Meksiko

Perayaan Hari Buku Sedunia di negara Meksiko adalah dengan mengadakan pembacaan buku di depan umum selama 12 jam berturut-turut. Kegiatan ini dimulai sejak tahun 2008 yang diselenggarakan di auditorium Pusat Teknologi Pendidikan, Universitas Colima yang bertujuan untuk meningkatkan kecintaan membaca dan kecintaan terhadap buku.

  • Swedia

Swedia juga memiliki cara yang tak kalah unik lho dalam merayakan Hari Buku Sedunia yaitu dengan menyelenggarakan kontes pemilihan buku terbaik yang terbuka bagi segala usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Sekitar 30 ribu hingga 57 ribu anak-anak memilih buku terbaik mereka selama sepuluh tahun terakhir.  Selain itu, berbagai sekolah dan perpustakaan di Swedia juga menyelenggarakan kegiatan yang terkait erat dengan literasi, seperti misalnya kuis tentang buku, lomba menulis resensi buku, menulis kesan mengenai sebuah buku, story telling dan bedah buku.

  • Negara di Afrika

Di Bosnia, pesta buku internasional digelar untuk merayakan Hari Buku Sedunia. Sedangkan di Madagaskar, perayaan Hari Buku Sedunia ini diadakan beberapa kegiatan yang berbasis pada dua tema yaitu pendidikan dan hak cipta.

  • Inggris dan Irlandia

Di negara Inggris dan Irlandia, perayaan Hari Buku Sedunia tidak dirayakan pada tanggal 23 April melainkan pada hari Kamis pertama di bulan Maret. Tahun 2012, Inggris dan Irlandia merayakan Hari Buku Sedunia pada tanggal 1 Maret agar tidak berbenturan dengan libur Paskah yang biasanya berkisar di tanggal itu. Selain itu, di Inggris dan Irlandia merayakan St. George’s Day pada tanggal 23 April, sehingga mereka memajukan perayaan mereka ke awal Maret. Walaupun tidak merayakan di tanggal yang sama dengan negara lain, bukan berarti perayaan tidak berlangsung meriah, seperti Irlandia yang menyelenggarakan festival buku sebulan penuh di Dublin (ibukota Irlandia) yang diselenggarakan atas kerjasama UNESCO, di mana festival ini mengusung tema “Dublin: One City One Book” dan bekerja sama dengan Asosiasi Penjual Buku Inggris Raya (The Booksellers Associationof Great Britain) yang menerbitkan buku-buku khusus dan hanya diterbitkan dalam kesempatan itu.

Lantas bagaimana dengan Indonesia?

Saat ini mungkin hanya beberapa orang saja yang tahu akan Hari Buku Sedunia ini, selain itu di Indonesia sendiri juga merayakan Hari Buku Nasional pada tanggal 17 Mei karena Perpustakaan Nasional RI di Jakarta pertama kali dibangun pada tanggal 17 Mei 1980 yang dirayakan dengan diadakannya lomba terkait sastra, seperti lomba pidato, lomba menulis cerpen dan lain-lain.

Nah sudah tahu kan sejarah dan perayaan Hari Buku Sedunia di berbagai negara?!

Untuk menguji pemahaman kalian tentang Hari Buku Sedunia, di bawah ini terdapat permainan seru nan mengasah otak nih yaitu Teka-Teki Silang, sudah tahu kan cara bermainnya?! Yuk kita main!

Bagaimana seru bukan?! Nah sebagai penutup ada sedikit kutipan dari Direktur Jenderal UNESCO nih.. Selamat Hari Buku Seduniaa~~

“Buku memiliki kemampuan unik untuk menghibur dan mengajar. Buku sekaligus merupakan sarana untuk menjelajahi alam di luar pengalaman pribadi kita melalui paparan berbagai penulis, alam semesta dan budaya, dan sarana untuk mengakses relung terdalam dari diri batin kita”

Audrey Azoulay, Direktur Jenderal UNESCO 2020

Sumber:

Aida, N. R. 2020. Hari Buku Sedunia, Bagaimana Sejarahnya?. URL: https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/23/160532865/23-april-hari-buku-sedunia-bagaimana-sejarahnya?page=all#page2 diakses pada 3 April 2021, pukul 15.36.

Hidayati, N. 2019. 5 Fakta Menarik Seputar Hari Buku Sedunia. URL: https://beritabaik.id/read?editorialSlug=indonesia-baik&slug=1555999253107-5-fakta-menarik-seputar-hari-buku-sedunia diakses pada 16 April 2021 pukul 05.13.

____________. 2015. Sejarah Hari buku dan Ragam Perayaannya di Dunia. URL: https://library.unusa.ac.id/2015/04/23/sejarah-hari-buku-dan-ragam-perayaannya-di-dunia/ diakses pada 16 April 2021, pukul 05.11.

____________. 2017. Hari Buku Sedunia dan Perayaannya di Beberapa Negara. URL: https://rtc.ui.ac.id/2017/04/23/hari-buku-sedunia-dan-perayaannya-di-beberapa-negara/  diakses pada 15 April 2021, pukul 21.56.


himapsikologi

Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta